Selamat Datang di SMK Roudlotus Sholihin

Mulai tahun ini lulusan SMK dapat Sertifikat

Mulai tahun ini, lulusan 200 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) rujukan di Tanah Air akan mendapatkan sertifikat profesi.
"Dengan sertifikat profesi ini, kompetensi mereka diakui," ujar Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Mustaghfirin Amin, di Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (3/3/2016).
Dengan demikian, lulusan SMK tidak hanya mendapatkan ijazah ketika lulus tetapi juga sertifikat profesi. Sertifikat itu dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Sertifikat profesi itu, lanjut Mustaghfirin, menggunakan lambang Garuda yang diakui oleh negara-negara di yang termasuk dalam ASEAN.
"BSNP yang menilai dan menverifikasi SMK itu, misalnya, SMK itu buka jurusan otomotif, BSNP yang menilai apakah itu sudah memenuhi persyaratan atau tidak," imbuhnya.
Dengan keberadaan sertifikat tersebut, Mustaghfirin mengharapkan tidak ada lagi satuan pendidikan yang sembarangan dalam menyelenggarakan pendidikan. Dia menargetkan, 1.650 SMK akan menjadi sekolah rujukan. Sekolah-sekolah rujukan itu nantinya akan menjadi tempat uji kompetensi bagi SMK-SMK lainnya. Saat ini, ada sekira 12 ribu SMK di Tanah Air.
"Jadi ke depan, tenaga kerja kita dinilai dari kompetensi yang dimilikinya. Misalnya lulusan sama-sama kelistrikan, kalau yang satu kompetensinya lebih baik maka akan berkorelasi dengan upah yang diterima. Kompetensi tenaga kerja itu bisa diakui melalui sertifikasi profesi," terang dia.
Ke depan, lanjut dia, pihaknya juga meminta para profesional yang bekerja di industri untuk turut menyumbangkan pengetahuannya ke siswa SMK. Dengan demikian diharapkan kompetensi lulusan SMK semakin meningkat dari tahun ke tahun.

http://news.okezone.com/read/2016/03/03/65/1327086/tahun-ini-lulusan-smk-dapat-sertifikat
Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

 
Support : ICT Roudlotus Sholihin
Copyright © 2014. SMK ROUDLOTUS SHOLIHIN PUCUK - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger